Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

11 Peristiwa Penting yang Terjadi Setelah Trump Jadi Presiden AS

Ahad 22 Jan 2017 11:15 WIB

Red: Nur Aini

President Donald Trump delivers his inaugural address after being sworn in as the 45th president of the United States during the 58th Presidential Inauguration at the U.S. Capitol in Washington, Friday, Jan. 20, 2017.

Warga AS berdemo menentang pelantikan Donald Trump di dekat Trump Tower

Foto:

9. Trump tak menepati janji kampanyenya soal tembok perbatasan dengan Meksiko

Donald Trump baru dilantik pada Jumat lalu. Namun, sejumlah janji kampanyenya sudah dia langgar.

Trump berulang kali menyatakan akan membangun tembok raksasa di perbatasan selatan dan Meksiko harus membayar konstruksinya. Tembok besar perbatasan menjadi salah satu meme politik paling diingat di kampanye Trump.

Akan tetapi, Trump baru-baru ini mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana pajak untuk membiayai proyek tersebut sebesar 14 miliar dolar AS.

Dia juga berjanji untuk tidak mengangkat petinggi perusahaan di Washington, tetapi justru mengangkat mantan petinggi Goldman Sachs dan sejumlah miliarder menduduki jabatan dalam pemerintahannya.


10. Sejumlah kota di Amerika akan menolak kebijakan imigran Trump

Sedikitnya 37 kota di wilayah Amerika tidak akan menerapkan kebijakan agresif Trump soal imigran. Kota tersebut termasuk San Fransisko, New York, dan Portland, Oregon yang dikenal sebagai kota liberal.

Akan tetapi, Trump menjanjikan salah satu dari prioritas utamanya dalam 100 hari pemerintahan adalah menarik  semua dana bagi kota-kota yang menolak kebijakan tersebut, yang kemungkinan akan membatasi gerakan penolakan tersebut.

Trump berjanji akan mendeportasi tiga juta migran ilegal di hari pertama pemerintahannya.

11. Donasi untuk organisasi aktivis melonjak

Donasi untuk organisasi aktivis melonjak dengan cepat sejak Trump terpilih. Planned Parenthood yang terancam dengan kebijakan Trump menerima lebih dari 300 ribu donasi dari individu dalam enam pekan sejak pemilihan, melonjak 40 kali lipat dari biasanya.

American Civil Liberties Union yang akan mengajukan gugatan hukum untuk sejumlah kebijakan Trump juga berhasil mengumpulkan 23 juta dolar AS sejak pemilihan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA