Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Hari Ini Raja Salman Tinggalkan Bali Menuju Jepang

Ahad 12 Mar 2017 06:19 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Indira Rezkisari

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dari Arab Saudi dalam pertemuan empat mata di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dari Arab Saudi dalam pertemuan empat mata di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman telah rampung melakukan kunjungan ke Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam. Hari ini, Raja Arab Saudi itu akan memulai turnya ke Jepang.

Dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (12/3), ini akan menjadi kunjungan pertama Raja Salman ke Jepang setelah naik tahta dua tahun lalu. Untuk Jepang, mitra ekonomi kedua terbesar Saudi, kunjungan ini penting untuk meningkatkan keamanan energi.

Selain itu, kunjungan ini akan mengamankan peluang investasi bidang infrastruktur dan untuk menyempurnakan nota kesepahaman tahun lalu. Arab Saudi dan Jepang akan membahas investasi lanjutan September 2016, antara Saudi Aramco dan Mizuho Bank.

Raja Salman akan bertemu Kaisar dan Perdana Menteri Shinzo Abe. Dalam pertemuan itu, Raja Salman diharapkan sepakati Visi Arab-Jepang 2030, yang akan menyangkut puluhan proyek kerjasama, seperti desalinasi dan pembangkit listrik tenaga surya.

Jepang berharap dapat mendukung upaya reformasi Saudi di bidang bisnis. Hubungan bilateral Saudi-Jepang sendiri dimulai pada 1938, ketika seorang utusan untuk almarhum Raja Abdul Aziz melakukan perjalanan ke Jepang menghadiri pembukaan Masjid Tokyo.

Perdana Menteri Shinzo Abe sendiri telah mengunjungi Timur Tengah tiga kali sejak 2012, termasuk kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi pada 2013. Setelah Jepang, Raja Salman akan melanjutkan tur Asianya ke Beijing.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA