Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Ambisi NASA: Menangkap Asteroid

Ahad 07 Apr 2013 08:41 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani

NASA temukan sistem planet kecil

NASA temukan sistem planet kecil

Foto: NASA

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Ilmuwan NASA berambisi untuk menangkap asteroid pada 2019 mendatang. Asteroid itu ditangkap untuk mengeksplorasi ide kemungkinan menambang dari batuan luar angkasa.

"Ini merupakan konsep cerdas, aseteroid akan diambil dengan robot ke bumi," ujar Senator Florida, Bill Nelson dilansir the Guardian. Dia mengatakan Presiden Barack Obama menganggarkan 100 juta dolar AS untuk misi itu di anggaran 2014. Dana itu akan digunakan untuk menemukan sebuah asteroid kecil berukuran 25 kaki berbobot 500 ton.

Misi tersebut akan menggunakan pesawat robot luar angkasa yang dikendalikan untuk mendekati asteroid. Pesawat itu akan dilengkapi dengan kantong besar untuk menarik batu tersebut ke bumi.

Asteroid akan menjadi sampel yang memberi petunjuk tentang jenis bahan pembentuk tata surya. Selain itu, asteroid dieksplorasi untuk mencari kemungkinan sumber daya baru. Kepala Program Objet Dekat Bumi NASA, Donald Yeomans mengatakan ada ribuan asteroid yang datang ke bumi. Karena itu, menemukan asteroid yang cocok di waktu yang tepat tidak akan mudah.

Pesawat berteknologi tinggi dengan kekuatan matahari akan menarik batu luar angkasa tersebut. Kemudian, NASA akan menggunakan roket dan kapsul orion untuk mengirimkan astronot ke asteroid. Tidak ada gravitasi di asteroid sehingga asteroid akan berjalan lebih lama.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA