Rabu 02 Mar 2016 13:42 WIB

Sultan Malaysia Datangkan Pesawat Emas dari Amerika Serikat

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Pesawat emas Sultan Johor Ibrahim Iskandar.
Foto: the star
Pesawat emas Sultan Johor Ibrahim Iskandar.

REPUBLIKA.CO.ID, JOHOR -- Sultan negara bagian Johor, Malaysia, Ibrahim Iskandar kembali menjadi sorotan. Setelah membuat truk termahal dunia, sultan yang gemar bepergian ini kini menghias pesawat Boeing 737 dengan emas.

Seperti diberitakan Asian Correspondent, Rabu (2/3), Boeing 737 yang tiba dari Amerika Serikat pada Senin (29/2) tersebut dihiasi emas dan garis cat biru. Pesawat dengan bendera negara Malaysia tersebut mendarat di Bandara Internasional Senai di Johor sekitar pukul setengah dua siang waktu setempat.

Sultan Ibrahim berada di bandara untuk menyambut pesawat baru yang juga memiliki lambang keluarga Kerajaan Johor. Lambang tersebut terpampang di sayap belakang.

Setelah mendarat, ia melakukan tur pesawat yang dapat membawa 25 sampai 30 orang. Pesawat mewah tersebut dilengkapi ruang makan, kamar tidur, kamar mandi, dan tiga dapur. Butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan pesawat "emas" tersebut.

Sultan bermaksud menggunakan pesawat untuk mempromosikan negaranya dan juga keperluan lain, seperti mengangkut orang-orang yang tidak mampu pergi haji ke Makkah. Sultan dikabarkan akan melakukan pelatihan simulator di Brisbane sebelum menerbangkan pesawat sendiri.

"Saya belum merencanakan perjalanan saya, tapi saya mungkin hanya terbang ke Penang untuk nasi kandar (nasi disajikan dengan kari dan berbagai hidangan di sisinya)," kata Sultan Ibrahim saat ditanya ke mana ia akan melakukan pelayaran perdananya.

Sultan tersebut memang dikenal sebagai penggemar kendaraan mewah. Ia memiliki koleksi dalam jumlah besar yang terdiri dari mobil, motor, dan truk.

 

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Lahirnya Penulis Buku Anak Dr Seuss

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement