Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Penulis The Martian Yakin Manusia Berjalan di Mars Pada 2050

Kamis 10 Mar 2016 11:22 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

Salah satu adegan dalam film The Martian

Salah satu adegan dalam film The Martian

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penulis buku populer The Martian Andy Weir yakin manusia bisa berjalan di planet Mars pada 2050-an, Kamis (10/3). Buku yang diadaptasi ke film dengan judul sama ini menceritakan kisah seorang astronaut yang diperankan Matt Damon, bertahan hidup di planet merah.

Weir mengatakan ia yakin NASA telah memiliki teknologi mengirim misi manusia ke sana pada 2030-an. "Tapi butuh waktu lama untuk mendanai proyeknya, sama seperti butuh alasan politis untuk melakukan proyek," kata dia pada BBC Radio.

Ia menambahkan misi ke Mars sangat butuh upaya besar dan proyek global yang sangat besar. Selain itu, misi ini butuh banyak sekali kesepakatan politik. Pemimpin sistem teknisi ExoMars Rover, robot buatan Inggris yang akan menjelajahi Mars pada 2018, Paul Meacham sepakat dengan pendapat Weir.

Ia percaya sebuah misi mengirim manusia ke Mars akan terjadi. "Tapi mungkin di akhir masa hidup saya," katanya. Paul mengatakan misi ke Bulan yang butuh sekitar 10 tahun memungkinkan karena ada alasan politis di dalamnya.

The Martian yang masuk nominasi film terbaik Oscar 2016 adalah film fiksi. Weir mengatakan buku itu memang diciptakan untuk tujuan menghibur.

Ia juga menitikberatkan fenomena misi luar angkasa saat ini lebih banyak pada menginvasi suatu planet dengan robot. "Untuk manusia, sangat butuh banyak pihak terlibat di dalamnya, dari seluruh dunia, baik partisipasi maupun pendanaan," kata dia.

Baca juga:

Lima Tiang Batu Ditemukan di Dalam Laut di Twelve Apostles

Maduro Panggil Diplomatnya Pulang dari AS, Mengapa?

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA