Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Bank Dunia Transfer Dana 5,6 Juta Dolar AS ke Palestina

Jumat 20 Jan 2017 03:52 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih

Anak Palestina (ilusrasi)

Anak Palestina (ilusrasi)

Foto: EPA/Nabil Mounzer

REPUBLIKA.CO.ID, BETHLEHEM -- Bank Dunia mengumumkan telah mentransfer dana sebesar 5,6 juta dolar AS dari Program Dana Rencana Pembangunan dan Reformasi Palestina (PRDP). PRDP merupakan mekanisme dukungan dana multi donor yang dikelola Bank Dunia bagi Otoritas Palestina (PA).

Berdasarkan pernyataan yang dibuat Bank Dunia awal pekan ini, donasi yang dikontribusikan Pemerintah Norwegia itu akan membantu mendukung kebutuhan anggaran mendesak di Palestina. Donasi ini juga memungkinkan bantuan lintas negara bagi reformasi makro ekonomi dan pengelolaan keuangan publik di Palestina, demikian dilansir Maan News beberapa waktu lalu.

PRDP sendiri dibentuk pada 2008 menyusul perjanjian yang dibuat Bank Dunia dengan PA. PRDP belakangan menampung donasi dari Australia, Prancis, Kuwait, Norwegia, Inggris, dan Jepang.

Transfer dana yang dilakukan Bank Dunia awal pekan ini diprediksi merupakan tahap pertama dari total donasi 1,46 miliar dolar AS kepada PA yang akan ditransfer bertahap selama sekitar sembilan tahun.

PA sangat bergantung pada para donor internasional yang berperan serta dalam negosiasi Oslo pada 1993 dan Konferensi Annapolis 2007. Pada Juni 2015 lalu, Bank Dunia juga mengkontribusikan 55 juta dolar AS untuk membantu warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA