Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Pasukan Israel Tembak Mati Warga Palestina di Tepi Barat

Senin 22 Oct 2018 17:59 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Tentara Israel.

Tentara Israel.

Foto: EPA/Frank Franklin
Warga Palesina menikam seorang personel keamanan Israel hingga terluka.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH – Seorang warga Palestina ditembak hingga tewas oleh pasukan Israel di Tepi Barat pada Senin (22/10). Dia ditembak setelah menikam seorang personel keamanan Israel hingga terluka.

Berdasarkan pernyataan yang dirilis militer Israel, insiden penembakan warga Palestina itu terjadi di dekat Gua Bibel Patriark. Tembakan dilepaskan oleh beberapa personel keamanan setelah warga Palestina itu menyerang salah satu anggotanya hingga terluka.

Menurut kantor berita Palestina WAFA, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan militer Israel telah memberitahu Kantor Koordinator Distrik Palestina tentang kejadian tersebut. Namun, belum ada pernyataan resmi yang dirilis Otoritas Palestina mengenai peristiwa itu.

Sejak 2015, telah terjadi beberapa kasus penikaman pasukan keamanan Israel oleh warga Palestina. Salah satu kejadian yang cukup menyita perhatian dunia internasional adalah penikaman dua polisi Israel hingga tewas di kompleks Masjid Al-Aqsha pada Juli 2017.

Kedua polisi itu tewas ditusuk tiga warga Palestina. Tak lama setelah kejadian, ketiga warga Palestina itu pun tewas ditembak pasukan keamanan Israel. Setelah peristiwa tersebut, Israel sempat mengoperasikan kamera pengintai dan detektor logam di kompleks Masjid Al-Aqsha. Israel mengklaim hal itu dilakukan guna menjaga keamanan.

Namun tindakan Israel memicu kemarahan umat Muslim, khususnya mereka yang tinggal di Yerusalem. Mereka menilai Israel telah mencampuri dan membatasi kegiatan peribadahan umat Muslim di sana.

Israel kemudian memutuskan mencabut sistem keamanan yang diterapkan di Masjid Al-Aqsha setelah terjadi gelombang demonstrasi oleh warga Palestina di sana. Demonstrasi itu juga sempat berujung bentrokan yang menyebabkan empat warga Palestina tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat terhantam peluru karet polisi Israel.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA