Rabu 12 Dec 2018 09:37 WIB

Sejarah Hari Ini: Dua Tahun Hilang, Mona Lisa Ditemukan

Mona Lisa ditemukan di sebuah kamar milik seorang pelayan hotel.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Lukisan Mona Lisa
Foto: US POST TODAY
Lukisan Mona Lisa

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 12 Desember 1913, lukisan Mona Lisa karya pelukis Leonardo da Vinci berhasil ditemukan setelah dua tahun dicuri. Sebelumnya, lukisan terkenal itu disimpan di Museum Louvre di Paris, Prancis.

Mona Lisa ditemukan di sebuah kamar milik seorang pelayan hotel, Vincenzo Peruggia, di Kota Florence di Italia. Peruggia diketahui pernah bekerja di Museum Louvre dan ikut berpartisipasi dalam aksi pencurian bersama dengan sekelompok petugas kebersihan Louvre pada 21 Agustus 1911.

Seperti dilansir di History, Leonardo da Vinci, salah satu pelukis besar Italia era Renaissance, melengkapi lukisan The Mona Lisa pada 1504. Lukisan itu merupakan potret istri dari seorang warga Florence yang kaya raya, Francesco del Gioconda.

Lukisan itu juga dikenal dengan nama La Gioconda. Lukisan menggambarkan sosok seorang perempuan dengan ekspresi wajah misterius, yang terlihat menyendiri dan duduk di hadapan lanskap visioner.

Setelah Mona Lisa ditemukan, Peruggia dijatuhi hukuman di Italia atas tuduhan perampokan dan hanya menghabiskan 14 bulan di dalam penjara. Mona Lisa akhirnya dikembalikan ke Louvre dan dipamerkan di balik kaca antipeluru sampai sekarang.

Lukisan ini bisa dibilang lukisan paling terkenal di dunia dan paling banyak dilihat oleh jutaan pengunjung setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement