Sabtu, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 Februari 2019

Sabtu, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 Februari 2019

Pertama Kalinya, Turnamen Sepak Bola Wanita Arab Digelar

Senin 11 Feb 2019 10:29 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Hasanul Rizqa

Bendera Arab Saudi.

Bendera Arab Saudi.

Foto: Eurosport
Turnamen itu akan berlangsung pada 1-6 Maret 2019 di Riyadh.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Masyarakat Arab Saudi mengukir sejarah, khususnya dalam dunia olah raga. Untuk pertama kalinya, negara tersebut menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi sepak bola putri. Para pesertanya terdiri atas negara-negara di kawasan Teluk.

Melansir dari Saudi Gazette, turnamen itu rencananya berlangsung pada 1-6 Maret 2019 di Green Hall al-Khobar Sports City, Riyadh, Arab Saudi. Federasi Olahraga Komunitas Saudi selaku penyelenggara mengambil tema "Sepak Bola Menyatukan Kita" ("The Football Unites Us").

Sebanyak 16 tim akan berpartisipasi dalam babak knockout dengan sistem gugur di turnamen tersebut. Sejumlah klub sepakbola wanita dari Arab Saudi dan berbagai negara Teluk turut berpartisipasi. Ajang ini diadakan di bawah pengawasan Emir Provinsi Timur, Pangeran Saud Bin Naif.

"Turnamen tersebut akan dimulai dengan acara pembukaan resmi," kata Sanaa Al-Ateeq, manajer umum salah satu perusahaan yang terkait acara ini, dikutip dari Saudi Gazette, Senin (11/2).

Sanaa menyebut, upacara pembukaan turnamen akan diisi pertunjukan musik yang dibawakan 50 orang perempuan-penyanyi muda Saudi. Lagu yang akan dibawakan antara lain "I come here". Adapun tata pentas akan dilakukan desainer Hanouf Al-Duwaihi.

Acara perdana itu akan diikuti dua pertandingan sepak bola. Sejak dibuka nanti, turnamen itu akan menampilkan setiap harinya empat pertandingan.

Di antara negara-negara tamu yang akan berpartisipasi adalah Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Bahrain, dan Oman. Dari Arab Saudi, sejumlah klub sepakbola perempuan akan ikut serta dalam turnamen ini. Di antaranya adalah Al-Shuala Al-Sharqiyah, Al-Yamamah, Lourdes, United Eagles, Royals, Jeddah Eagles, dan Kings 'Union.

Selain sepak bola, ada pula ajang olahraga lainnya, semisal tenis, bola basket dan tenis meja di tempat yang sama.

Ruang terbuka akan diisi ajang permainan untuk anak-anak dan olahraga. Untuk para pengunjung, pihak panitia akan menyediakan gerai makanan sehat (food court).

Sanaa menambahkan, acara ini tidak hanya ditujukan untuk wanita, tetapi juga untuk semua kalangan, utamanya keluarga.

Dikonfirmasi terpisah, pemain Al-Yamamah Club, Lima Al-Enezy, mengaku gembira dengan rencana turnamen tersebut. Dia menjelaskan, timnya siap untuk berpartisipasi dan akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Konflik Lahan di Jambi

Jumat , 15 Feb 2019, 21:07 WIB