Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Penumpang Ketinggalan Bayi di Bandara, Saudi Airlines Balik

Selasa 12 Mar 2019 18:53 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Saudia Airlines

Saudia Airlines

Foto: Independent
Penumpang Saudi Airlines ketinggalan bayinya di ruang tunggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Penumpang Saudi Airlines terkejut saat pilot meminta izin untuk kembali ke bandara di Jeddah pekan lalu. Mereka bertanya-tanya apa sebab pesawat itu 'balik kanan', apakah ada masalah?

Usut punya usut, pilot terpaksa balik karena ada seorang penumpang yang ketinggalan bayinya di bandara. Tidak lama setelah lepas landas, penumpang itu mengatakan kepada awak kabin bahwa ia lupa membawa bayinya ikut bersamanya ke dalam pesawat.

Sebuah video yang diunggah ke YouTube seperti dilansir the Guardian, menampilkan percakapan pilot dan petugas pengawas penerbangan terkait insiden yang langsung viral.

Baca Juga

"Semoga Tuhan bersama kita, apakah kami boleh kembali?" kata pilot kepada petugas pengawas lalu lintas udara.

Sang petugas, setelah mendapatkan nomor penerbangan pesawat itu, terdengar berdiskusi dengan rekannya soal protokol yang harus ditempuh. "Sebuah pesawat meminta izin kembali ke bandara karena seorang penumpang meninggalkan bayinya di ruang tunggu, kasihan sekali," kata petugas.

Petugas itu kemudian meminta pilot mengulang alasannya meminta izin kembali ke bandara. "Kami sudah bilang, seorang penumpang meninggalkan bayinya di terminal dan menolak melanjutkan penerbangan," kata sang pilot.

"Oke, silakan kembali. Ini kasus pertama bagi kami!" ujar sang petugas pengawas lalu lintas udara.

Komentar warganet di Youtube pun banyak yang memuji keputusan sang pilot sebab alasan kemanusiaannya. Maskapai Saudi Arabian dengan nomor penerbangan SV832  sedang melayani penerbangan dari Jeddah ke Kuala Lumpur. Pesawat itu kembali ke Bandara King Abdul Aziz di Jeddah.

Pesawat berbalik karena meninggalkan penumpang merupakan kejadian yang jarang terjadi di dunia penerbangan. Biasanya pesawat berbalik arah atau mengalihkan udara untuk alasan seperti kesehatan ataupun teknis pesawat.

Pernah pada 2013, sebuah penerbangan American Airlines dari Los Angeles ke New York dialihkan ke Kansas City karena penumpang yang membuat onar. Dia menolak berhenti menyanyikan lagu 'I Will Always Love You milik Whitney Houston.'

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA