Ahad 16 Jun 2019 23:09 WIB

UEA: Serangan Kapal Tanker Disponsori Negara

UEA tidak menyebut identitas negara yang menyeponsori serangan kapal tanker.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Andri Saubani
Kerusakan yang dialami kapal tanker minyak Kokuka Courageous di Teluk Oman dekat pantai Iran, Kamis (13/6).
Foto: U.S. Central Command via AP
Kerusakan yang dialami kapal tanker minyak Kokuka Courageous di Teluk Oman dekat pantai Iran, Kamis (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI – Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan, bahwa serangan terhadap empat kapal tanker yang terjadi di wilayah perairannya bulan lalu disponsori negara. Kendati demikian, ia tak menyebut identitas negara terkait.

“Kesimpulan kami adalah ini hanya dimungkinkan oleh serangan yang disponsori negara,” ujar Menteri Luar Negeri UEA Al Nahyan kepada awak media pada Sabtu (15/6).

Dia enggan mengungkap siapa negara yang mendalangi serangan tersebut. “Tapi kami berharap bahwa kami dapat bekerja lebih jauh dengan teman dan mitra kami dalam mencegah peningkatan tersebut dan bergerak maju,” ujarnya.

Sebelumnya akun Twitter Arabiya TV, mengutip Al Nahyan, mengatakan bahwa “sidik jari” Iran tertera jelas dalam serangan kapal tanker pada Mei lalu. Namun, cicitan Arabiya TV itu kemudian dihapus. Belum ada penjelasan terkait hal itu dari Arabiya TV.

Sementara itu Amerika Serikat (AS) telah menuding Iran terlibat dalam serangan kapal tanker bulan lalu. Tuduhan tersebut telah dibantah tegas oleh Teheran.

Pada 12 Mei, dua kapal tanker milik Arab Saudi dan satu kapal tanker milik UEA dan Norwegia disabotase. Menurut penyelidikan awal yang dilakukan ketiga negara, kapal mereka diserang menggunakan ranjau limpet. Ranjau ditempel di bagian lambung kapal.

UEA percaya dibutuhkan informasi intelijen tingkat tinggi untuk melakukan serangan semacam itu. Sebab pengetahuan yang mendetail tentang desain kapal diperlukan untuk meledakkan ranjau tanpa menenggelamkan kapal.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement