Jumat 25 Mar 2011 07:46 WIB

Gempa Myanmar Terasa Hingga Bangkok dan Hanoi

Gempa Myanmar, warga keluar gedung
Foto: AP
Gempa Myanmar, warga keluar gedung

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON - Gempa melanda 90 km utara Chiang Rai dan 235 km utara-utara-timur Chiang Mai, kota kedua Thailand dan tujuan wisata populer. Bangunan tinggi di Bangkok turut bergoyang selama gempa.

Di Cina, penduduk desa sekitar 40 kilometer perbatasan Myanmar di provinsi barat daya Yunnan mengatakan bangunan bergoyang selama lebih dari satu menit saat gempa, kantor berita resmi Xinhua melaporkan.

Lebih dari 350 siswa dan guru dievakuasi dari sebuah sekolah di Menghai County, Yunnan, setelah gedung mengalami retak-retak, kata Xinhua.

Orang-orang di kota Nanning Cina selatan, hampir 900 km dari pusat gempa,  berhamburan keluar  dari rumahnya ketika mereka merasa tremor, kata Xinhua. Tidak ada korban dilaporkan di Cina.

Di Hanoi tengah - di Vietnam, jauh dari pusat gempa - gempa dirasakan sebagai gerakan goyang halus yang berlangsung selama beberapa detik. Beberapa warga Hanoi meninggalkan rumah mereka dalam keadaan panik, namun tidak ada laporan kerusakan.

Gempa terjadi dua minggu setelah Jepang diguncang gempa rakasa, yang melepaskan bencana tsunami yang menewaskan sekitar 27 ribu orang dan memicu krisis nuklir di Fukushima.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement