Jumat 25 Mar 2011 13:30 WIB

Uni Afrika Undang Pemerintah Libya & Oposisi Duduk Satu Meja

Tentara Prancis mengisi roket di pesawat tempur Prancis untuk menyerang Libya, Kamis.
Foto: AP
Tentara Prancis mengisi roket di pesawat tempur Prancis untuk menyerang Libya, Kamis.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Uni Afrika mengundang wakil-wakil pemerintah Muamar Gaddafi, oposisi Libya dan pihak-pihak lain untuk berunding di Addis Ababa Jumat (25/3)ini, kata ketua organisasi itu Jean Ping.

Ping mengemukakan kepada wartawan Gaddafi akan mengutus perdana menterinya, dan para pejabat dari Uni Eropa, Dewan Keamanan PBB dan negara-negara Arab tetangga juga diundang ke Ethiopia untuk membicarakan krisis Libya. "Kami akan memulai pertemuan di Addis Ababa Jumat dihadiri kedua pihak yang bertikai," katanya.

Ia mengatakan Gaddafi menyetujui undangan itu dan akan mengutus perdana menterinya, tetapi tidak jelas apakah ia dapat datang karena adanya zona larangan terbang di Libya. Menjawab pertanyaan apakah ia mendukung Gaddafi atau pihak oposisi dalam krisis Libya, Ping menjawab: " Uni Afrika tidak pernah mendukung siapapun dan kami menginginkan satu solusi."

Ia mengatakan Uni Afrika ingin tercapainya gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, perlindungan terhadap warga sipil dan tanggapan terhadap tuntutan rakyat Libya bagi demokrasi.

sumber : Antara/ Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement