Ahad 27 Mar 2011 08:38 WIB

Alhamdulillah.. Listrik Ruang Kendali Reaktor Dua Fukushima Pulih

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW - Para teknisi Jepang pada Sabtu (26/3) berhasil memulihkan pasokan listrik di ruang kendali reaktor kedua Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Daiichi Fukushima yang terkena gempa di Jepang. Demikian menurut laporan Kyodo.

Tokyo Electric Power Co. (TEPCO) telah berhasil memulihkan pasokan listrik di ruang kendali reaktor pertama pada Kamis dan berencana untuk mengembalikan fungsi kelistrikan di reaktor keempat sesegera mungkin.

TEPCO pada Sabtu juga membantah beberapa laporan sebelumnya yang mengatakan tingkat radiasi di reaktor pertama Fukushima berada pada taraf 200.000 milisieverts per jam, seraya menambahkan tingkat sebenarnya tidak melebihi angka 60.00 milisievert per jam.

Gempa berkekuatan 9,0 skala Richter disusul tsunami yang melanda Jepang pada 11 Maret lalu memicu sejumlah ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, yang kemudian meningkatkan kehawatiran akan terjadinya kontaminasi radioaktif secara besar-besaran.

 

Sejumlah operasi terus dilanjutkan untuk memulihkan kembali kinerja sistem pendingin di keenam reaktor Fukushima guna mencegah terjadinya pelepasan partikel radioaktif secara besar-besaran itu. Sementara jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami tersebut dilaporkan telah mencapai lebih dari 10.000, menurut kepolisian setempat, yang juga menyatakan 17.440 orang dalam status hilang.

sumber : ANTARA/RIA Novosti-OANA

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement