Kamis 31 Mar 2011 12:00 WIB

Bekas Bos MI6 Sebut Ikhwanul Muslimin 'Teroris Sejati'

Bekas Kepala MI6 Sir Richard Dearlove
Bekas Kepala MI6 Sir Richard Dearlove

REPUBLIKA.CO.ID, Bekas Kepala MI6 Sir Richard Dearlove menjelaskan bahwa Ikhwanul Muslimin "secara hati merupakan organisasi teroris atau teroris sejati." Hal itu disampaikan dia saat menjadi pembicara dalam Konferensi tentang Hubungan Diplomatik Inggris-Israel di Chatham, Rabu (30/3).

Sir Richard Dearlove juga mengungkapkan bahwa Hamas dan Hizbullah adalah "penerus Iran." Ia juga mengingatkan bahwa menjadi penting untuk melakukan segala sesuatu untuk mencegah Iran dalam mengeksplorasi nuklirnya.

Sir Richard bertanggung jawab atas badan intelijen Inggris selama lima tahun sampai 2004.

Ikhwanul Muslimin, atau al-Ikhwan al-Muslimun, Mesir adalah organisasi tertua dan terbesar Islam. Didirikan oleh Hassan al-Banna pada tahun 1920, kelompok ini telah mempengaruhi gerakan-gerakan Islam di seluruh dunia dengan modelnya aktivisme politik yang dikombinasikan dengan kegiatan amal Islam.

Gerakan ini awalnya ditujukan hanya untuk menyebarkan moral Islam dan perbuatan baik, tetapi kemudian terlibat dalam politik, khususnya berjuang untuk menyingkirkan  kontrol kolonial Inggris di Mesir dan membersihkan semua pengaruh Barat.

sumber : www.thejc.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement