Jumat 01 Apr 2011 09:03 WIB

Pasukan Koalisi tak Temukan Senjata Berat Qadafi

Anak-anak Libya bermain di atas tank milik militer Libya
Foto: AP/Hussein Malla
Anak-anak Libya bermain di atas tank milik militer Libya

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Patroli pasukan koalisi tidak dapat melacak persenjataan berat milik pasukan Muammar Qadafi.

"Pesawat pengintai kami tidak lagi melihat pergerakan pasukan Qadafi, yang terdiri atas persenjataan berat, tank, kapal dan pesawat terbang," kata , kata Menteri Pertahanan Prancis Gerard Longuet. Dia menambahkan tentang kemungkinan persenjataan tersebut berada di markas mereka atau disembunyikan di tempat lain, demikian RIA Novosti-OANA melaporkan.

Ia juga mengatakan bahwa memasok persenjataan kepada pemberontak Libya "tidak ada dalam agenda", karena langkah tersebut tidak sejalan dengan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang mensahkan wilayah larangan terbang terhadap negara Afrika Utara itu.

Resolusi 1973 Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang disahkan pada 17 Maret, memberlakukan wilayah larangan terbang terhadap Libya dan mensahkan "segala tindakan diperlukan" guna melindungi warga dari ancaman pasukan Muammar Gaddafi, namun tidak membolehkan gerakan darat terhadap negara dilanda gejolak politik sejak Februari itu.

Sejumlah 13 negara melakukan gerakan militer terhadap Libya dengan dasar resolusi tersebut, sementara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sudah mulai mengambil alih komando operasi militer tersebut dari Amerika Serikat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement