Ahad 03 Apr 2011 13:19 WIB

Bakal Nyapres Lagi, Obama Kampanye Pekan Depan

Barack Obama
Foto: Reuters
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden Barack Obama akan melancarkan kampanye pemilihannya kembali 2012 pekan depan melalui satu pesan elektronik pada para pendukung paling setianya, sebuah media Amerika Serikat ,Politico melaporkan, Sabtu (2/4). Politico melaporkan kampanye itu "kemungkinan besar sekali" akan membuat langkah pertamanya ke arah dilancarkannya -- pengajuan surat pendaftaran pada Komisi Pemilihan Federal (FEC) -- Senin, meskipun hal tersebut dapat ditangguhkan jika suatu kejadian besar mengancam untuk membayangi berita itu.

Kampanye itu harus secara resmi dilaksanakan sebelum tanggal 14 April, ketika Obama akan engumpulkan dana pemilihan kembali di Chicago. Pengumpulan dana itu dinilai per kuartal tapi kuartal kedua mulai 1 April, tanggal tidak menguntungkan bagi peluncuran karena itu adalah Hari Ketololan April. Chicago-Sun Times juga melaporkan bahwa Obama akan mendaftar pada FEC "secepatnya Senin".

Para pejabat Gedung Putih tidak membalas dengan segera telepon yang meminta mereka untuk berkomentar. Obama merencanakan untuk mengirim pengumumannya secara langsung pada para pendukungnya melalui email, pesan teks (SMS) dan media sosial, ketimbang melakukan penampilan pribadi atau berbicara melalui perusahaan media, menurut Politico, laman Internet berita harian online.

Kampanye itu, yang akan bermarkas di kota kediaman Obama Chicago, hanya beberapa blok dari markas besar pertarungan bersejarahnya pada 2008, diperkirakan akan bisa mengumpulkan 750 juta hingga 1 miliar dolar, menurut Politico. Kembali ke Chicago setelah menjalankan tugasnya sebagai seorang penasehat senior di Gedung Putih pada dua tahun pertama pemerintahan Obama, David Axelrod telah dipilih untuk memimpin strategi kampanye sekali lagi.

Manajer kampanye Jim Messina, seorang bekas staf Sayap Barat, telah bertemu dengan para donor di sekeliling negara itu. Obama sendiri juga akan mengadakan pengumpulan dana di Los Angeles, San Fracisco dan New York bulan ini, menurut Chicago Sun-Times.

sumber : Antara/ AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement