Selasa 05 Apr 2011 13:47 WIB

Hadir di Riyadh, Pemantau Canggih Kendaraan Bernama Sahir

Rep: cr01/Al Riyadh/AFP/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi
Foto: AFP
Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Lalu lintas kota Riyadh kini diawasi kamera canggih bernama Sahir untuk mengawasi laju kendaraan yang lalu lalang dan mengurangi jumlah kecelakaan.

Al-Muqoddam Suba’ie, petugas supervisor lapangan Sahir, mengatakan penempatan Sahir diatur sesuai dengan prosedur dan tingkat pelanggaran lalu lintas. Terutama di daerah-daerah rawan kecelakaan. “Alat ini dapat memantau pelanggaran lalu lintas yang berpotensi mengancam keselamatan pengguna jalan,” ujarnya sebagaimana dikutip koran Al-Riyadh, Jumat (1/4).

Menurut Subaie, terdapat beberapa ruas jalan yang rawan menimbulkan kecelakaan atau sering mengalami insiden. Oleh sebab itu, dibutuhkan peralatan canggih yang dapat memantau lalu lintas jalan raya dan untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

Selain di tempat-tempat yang rawan kecelakaan, kini Sahir juga dipasang hampir di semua ruas jalan kota Riyadh. Kadang di satu lokasi terdapat beberapa unit Sahir. Tujuannya tidak hanya memantau kendaraan namun juga untuk mengawasi latihan mengemudi dan perawatan jalan.

Jika terjadi pelanggaran atau kecelakaan lalu lintas, Sahir otomatis mendeteksinya dan langsung mengirimkan data ke kantor pusat, di mana para petugas yang memantau lewat monitor komputer segera berkoordinasi dengan petugas di lapangan untuk membereskan situasi. Sahir juga bisa dipantau melalui layar telepon genggam.

Keberadaan Sahir yang canggih tak lantas menghilangan tenaga manusia. Kepolisian Riyadh tetal mengerahkan pak Polantas di beberapa ruas jalan untuk mendampingi Shahir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement