Rabu 06 Apr 2011 19:53 WIB

Tsunami Jepang 'Damaikan' Iran-Israel

Regu penyelamat Iran dan Israel
Regu penyelamat Iran dan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, Dunia Barat dan Timur tengah tidak menyangsikan sikap keras Iran terhadap Israel atas kekejamannya selama ini terkait Palestina. Atas sikapnya itulah, negeri Yahudi tersebut kerap menuding negeri mullah Iran sebagai sponsor utama para pejuang di Timur Tengah, seperti Hamas dan Hizbullah.

Namun, kondisi yang kerap diselemuti dengan perang urat syaraf tersebut, seketika hilang. Hal itu terjadi ketika gempa dan tsunami Jepang mempertemukan keduanya. 

Iran dan Israel, sama-sama mengirimkan warganya untuk membantu mengevakuasi para korban gempa 9 skala richter yang kemudian disusul tsunami itu. Konflik antara kedua negara tersebut seperti tidak menjadi fokus utama.

Kedua negara itu hanya memetingkan bagaimana caranya menemukan jenazah warga Jepang yang masih tercatat hilang. Iran dan Israel bahu-membahu membantu pemulihan warga di kota Kamashi, Jepang.

Di wilayah tersebut, enam ratus ribu dilaporkan tewas, sementara lainnya belum ditemukan hingga kini. Regu penyelamat dari Israel yang bernama ZAKA yang dipimpin oleh Yehudah Meshi-Zahav itu beranggotakan 12 orang.

sumber : israelnationalnews.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement