Jumat 08 Apr 2011 06:16 WIB

Wuih...Lebih 34 Miliar Dolar Aset Libya yang Dibekukan Amerika

Ilustrasi: Aset
Ilustrasi: Aset

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Aset Libya dibekukan oleh Amerika Serikat sekarang melebihi 34 miliar dolar AS dan beberapa dari uang itu dapat digunakan untuk memenuhi biaya kemanusiaan di Libya, pejabat intelijen terkemuka keuangan Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan, Kamis.

Pemerintahan Obama bekerja sama dengan Kongres akan menentukan apa yang harus dilakukan dengan aset beku Muammar Khaddafi dan para pejabatnya. Dana dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduk Libya, kata David Cohen, yang dinominasikan untuk mengambil alih sebagai wakil menteri keuangan untuk terorisme dan intelijen keuangan.

"Uang itu adalah beku, Kolonel Qaddafi dan pemerintahannya tidak dapat mendapatkan akses ke sana, dan kami menahan itu untuk orang Libya," Cohen mengatakan sebelum sidang dengar pendapat dengan Komite Keuangan Senat AS. Biasanya, ketika sanksi diangkat, akses ke aset beku tersebut dikembalikan ke pemiliknya. Dalam hal ini, aset milik orang-orang Libya, kata Cohen, yang bertindak sebagai wakil menteri keuangan sejak Stuart Levey meninggalkan pekerjaannya pada Februari.

"Satu hal yang jelas adalah bahwa kita tidak akan mengembalikan aset ini untuk Kolonel Khaddafi dan orang-orang yang ada di kekuasaan di Tripoli," kata Cohen. Jumlah aset Libya yang dibekukan oleh Departemen Keuangan telah meningkat sejak sanksi pertama kali dikenakan oleh pemerintahan Obama pada akhir Februari, karena pihaknya telah bekerja untuk menguraikan sebuah web dari perusahaan-perusahaan dan pedagang yang memegang uang tunai dan aset lainnya.

Selain menjadi 34 miliar dolar AS plus angka --- meningkat dari sekitar 33 miliar dolar minggu lalu -- Cohen mengatakan bahwa pihak berwenang Eropa membekukan sebuah "tambahan jumlah besar" aset Libya lainnya yang dikendalikan oleh Qaddafi. Jumlah yang tepat, bagaimanapun, tetap sukar dipahami.

"Hal ini sebenarnya cukup sulit untuk mendapatkan angka yang tepat karena potensi penghitungan ganda dan beberapa ketidakjelasan dalam sistem Eropa," kata Cohen." Saya pikir mungkin tidak cukup sebagai sebuah nomor besar yang kita telah bekukan di AS tapi saya pikir sudah mendekati itu."

sumber : ant/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement