Rabu 13 Apr 2011 19:49 WIB

Anak Hosni Mubarak, Gamal dan Alaa Dibui!

Alaa Mubarak-Gamal Mubarak
Foto: alarabiya
Alaa Mubarak-Gamal Mubarak

REPUBLIKA.CO.ID,Gamal dan Alaa, dua putra mantan presiden Mesir, Hosni Mubarak, telah ditangkap dan mendekam di penjara sementara untuk mengikuti proses investigasi tuduhan korupsi terhadap keduanya. Jaksa Agung Mesir telah memanggil Alaa dan Gamal Mubarak atas tuduhan penggelapan dana publik.

Reuters (13/4) mengutip laporan televisi nasional Mesir menyebutkan, ini terjadi di saat Hosni Mubarak sebelumnya menyatakan bahwa rincian rekening bank kedua putranya itu dengan sendirinya dapat mematahkan tuduhan terhadap mereka. Kebijakan pemerintah Mesir ini dinilai sebagai langkah yang paling dramatis terhadap mantan diktator Hosni Mubarak, dan dilakukan hanya beberapa jam setelah Mubarak dilarikan ke rumah sakit karena masalah jantung.

Ahad (10/4), Jaksa Penuntut Umum Mesir, Abdel Magid Mahmud, memanggil Mubarak dan anak-anaknya untuk ditanyai soal kasus korupsi dan penggunaan kekerasan terhadap para demonstran. Gamal Mubarak, sebagai ketua komite politik di era pemerintahan ayahnya itu sebelumnya diyakini sebagai pewaris pemerintahan otokratik dan tangan besi ayahnya.

Sebelumnya, Mubarak ditanyai oleh Menteri Kehakiman Mesir, Mohamed el-Guindy. Namun Mubarak mengalami serangan jantung dan segera dirawat di unit perawatan intensif di Sharm el-Sheikh.

Mubarak dalam wawancaranya dengan televisi al-Arabiya, milik Arab Saudi mengatakan, siap membantu proses penyelidikan soal aset keluarganya di luar negeri. Namun ia juga balik mengancam akan menuntut pihak penuduh. Meluasnya korupsi di kalangan para pejabat pemerintah merupakan salah satu faktor utama pemberontakan sukses rakyat Mesir melawan rezim Mubarak.

sumber : IRIB/MZ/rtr/alarabiya

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement