Sabtu 16 Apr 2011 13:50 WIB

Gedung Tertinggi Dunia Dibangun di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW--Gedung tertinggi dunia, Kingdom Tower setinggi satu mil (sekitar 1,6 kilometer), akan dibangun di Arab Saudi barat, menurut laporan media Arab. Gedung pencakar langit itu, diperkirakan berbiaya 30 miliar dolar AS, akan didirikan di Obhur, sekitar 30 kilometer utara Jeddah, kota di pesisir timur Laut Merah, menurut laporan media.

Bangunan tinggi tersebut akan membutuhkan 12 menit untuk dapat bisa mencapai puncak gedung dengan menggunakan lift. Proyek tersebut direncanakan akan membangun kota seluas 8,9 mil persegi (14 kilometer persegi) di sekitar Kingdom Tower yang dapat mengakomodasi 80.000 penghuni dan berkisar satu juta pengunjung, menurut laporan tersebut.

Kingdom Tower, yang nanti berisi perkantoran, satu hotel dan tempat hunian, akan memiliki tinggi hampir dua kali lipat dari tinggi gedung tertinggi sekarang, Burj Khalifa di Dubai dengan tinggi 0,51 mil (820 meter). Bangunan tersebut juga akan mengalahkan Nakheel Harbor and Tower di Dubai dengan tinggi 0,62 mil (hampir satu kilometer) yang pembangunannya sedang ditunda.

sumber : antara/Ria Novosti-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement