Rabu 20 Apr 2011 08:17 WIB

Petugas Error, Pesawat Michelle Obama 'Dipaksa' Batal Mendarat

Michelle Obama
Foto: Reuters
Michelle Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Pesawat Michelle Obama dipaksa batal mendarat di Andrew Air Force Base, Maryland, lantaran terlalu dekat dengan C-17 pesawat besar kargo militer Amerika Serikat.

Pesawat Jet Boeing 737 yang ditumpangi Michelle berada sekitar tiga mil dari pesawat kargo tersebut. Padahal seharusnya berada lima mil untuk menghindari turbulensi. Lantaran itu, pesawat Michelle diminta membatalkan pendaratan, melakukan satu kali putaran sebelum akhirnya mendarat di tujuan.

"Pesawat Ibu Negara mendarat dengan selamat," begitu pernyataan Federal Aviation Administration (FAA) dikutip Reuters. FAA juga menyatakan situasi tersebut terjadi lantaran petugas di menara pengendali trafik pesawat melakukan kesalahan. FAA langsung menginvestigasi kesalahan tersebut.

Andrews adalah base bagi Air Force One, pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS). Namun, kawasan udara di sekitarnya menjadi tanggung jawab FAA.

Kesalahan (eror) di pengendali trafik pesawat diakui FAA seringkali terjadi. Beberapa petugas di menara tersebut, termasuk supervisornya, sudah diskors lantaran tidur pada jam kerja, setelah lembur. Di Ohio, ada pula yang diskors lantaran menonton film saat jam kerja.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement