Kamis 28 Apr 2011 14:47 WIB

Jendral Petraeus, Bos Baru CIA

Jenderal David Petraeus
Jenderal David Petraeus

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Jendral David Petraeus menjadi kepala baru dinas intelijen Amerika CIA. Demikian stasiun televisi Amerika ABC melaporkan, Rabu (27/4).

Petraeus kini masih memimpin operasi militer di Afghanistan. ABC juga melaporkan kepala CIA yang sekarang, Leon Panetta akan menjadi menteri Pertahanan baru Amerika Serikat, menggantikan Robert Gates.

Sejumlah analis pertahanan dan intelijen AS memperkirakan bahwa penempatan kedua sosok itu menunjukkan orientasi baru kebijakan luar negeri AS. Kolumnis kondang The Washington Post, Fareed Zakaria, Kamis (28/4) menyatakan pergeseran itu menunjukkan bahwa Obama sedang memperkuat jalur intelijen dan perencanaan untuk keamanan nasional.

Fareed juga menyinggung alokasi anggaran intelijen untuk komunitas dimana CIA termasuk didalamnya hingga kini mencapai nilai US$ 80 Milyar per tahun. Namun, anggaran begitu besar ternyata belum diimbangi dengan kinerja dan hasil maksimal, terbukti dari berbagai prediksi intelijen yang dihasilkan CIA malah sering meleset dan sering pula mengeluarkan langkah 'jauh panggang dari api'.

sumber : RNW

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement