Rabu 04 May 2011 17:46 WIB

Inggris Dukung Keinginan Jepang Jadi Anggota DK PBB

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Inggris, Selasa (4/5), mendukung klaim Jepang untuk menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Inggris juga berjanji untuk mendukung integrasi ekonominya dengan Uni Eropa setelah pertemuan menteri luar negeri kedua negara itu di London.

Menteri Luar Negeri William Haque juga mengatakan kepada Takeaki Matsumoto, timpalannya dari Jepang, bahwa Inggris "mengagumi" reaksi Jepang terhadap bencana gempa dan tsunami yang memporakporandakan pantai timur laut negara itu pada Maret lalu.

"Jepang tidak diragukan lagi merupakan mitra terdekat kami di Asia," kata William dalam pernyataan.

"Jepang merupakan mitra dan kekuatan positif dalam perdamaian dan keamanan internasional serta saya mengulang dukungan kami hari ini untuk memperluas keanggotaan Dewan Keamaan PBB dengan keanggotaan tetap bagi Jepang," tambahnya.

Inggris pada Maret lalu mendesak Uni Eropa untuk mengurangi hambatan antara kelompok itu dengan mitra dagangnya di luar, dan menggunakan pertemuan pada Selasa untuk mengulangi tuntutannya.

"Penghapusan tarif dan hambatan non-tarif dapat memberikan tambahan lebih dari 40 miliar euro (59,2 miliar dolar AS) ekspor Eropa ke Jepang dan lebih dari 50 miliar euro ekspor tambahan dari Jepang ke Uni Eropa," kata Hague.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement