Rabu 04 May 2011 19:39 WIB
Osama bin Laden Tewas

Kelompok Pengacara Pakistan: Pergi Amerika, Osama Pahlawan Muslim!

Osama Bin Laden
Osama Bin Laden

REPUBLIKA.CO.ID,ABBOTTABAD--Kelompok-kelompok pengacara Pakistan, Rabu melakukan protes terhadap tindakan Amerika Serikat yang membunuh pemimpin Al Qaida Osama bin Laden, mengecam AS dan mendoakan "pahlawan" mereka. Pemimpin kelompok Al Qaida itu ditemukan dan dibunuh di satu vila keluarga di kota Abbottabad, sekitar satu kilometer dari akademi militer Pakistan dan 50 km dari ibu kota Islamabad.

Sekitar 70 pengacara melakukan protes di Abbottabad, mengecam operasi AS di kota tu, kata para saksi mata. Mereka berteriak "Pergi, Amerika pergi," "Osama bin Laden adalah pahlawan kami" dan meneriakkan selogan-slogan menentang AS dan sangat memecah pemerintah Pakistan. "Kami mengutuk terorism tetapi tidak dapat menyetujui pelanggaran kedaulatan kami," kata Tahir Faraz Abbas, ketua asosiasi advokat lokal.

Di kota Peshawar di barat laut, tempat Osama pernah tinggal dalam perang untuk mengusir pasukan Uni Sovyet dari Afghanistan, sekitar 200 pengacara memanjatkan doa untuk pemimpin tertinggi Al Qaida di perngadilan-pengadilan. "Osama adalah seorang pahlawan Muslim. Ia melakukan jihad untuk umat Muslim di seluruh dunia." kata pengacara lokal terkemuka Ghulam Nabi.

"Saya ragu Osama di Abbottabad. Jika ia di sini, ia adalah pahlawan kami dan akan tetap pahlawan kami," katanya. Teori-teori konspirasi, yang dipicu oleh ketidak percayaan yang mendalam AS menyebar cepat sekali ke seluruh masyarakat Pakistan atas pembunuhan Osama.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement