Senin 09 May 2011 10:21 WIB

Jet Tempur Austria Lacak Balon yang Melarikan Diri

Balon udara (ilustrasi)
Foto: matanews.com
Balon udara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,WINA - Angkatan Bersenjata Austria akhir pekan lalu melakukan tindakan yang tak biasa dengan mengerahkan jet tempur Euro guna melacak balon yang 'melarikan diri'. Ini bukan balon sembarang karena balon tersebut berisi udara panas.

Demikian laporan Austrian Broadcasting (ORF) pada Ahad (8/5). Laporan tersebut menyebutkan balon berdiameter 10 meter dan 40 tinggi meter itu "melarikan diri" dari tempat pameran di Provinsi Linz, Austria timur-laut, pada Sabtu (7/5) pagi. Balon segera membubung sampai ketinggian 3.000 meter. Balon itu adalah karya seorang mahasiswa di University of the Arts, Linz.

Tiga jet tempur Euro kemudian dikerahkan ke udara setelah peringatan dikeluarkan buat pesawat lain yang terbang di wilayah tersebut. Jet tempur itu diperintahkan untuk menembak jatuh balon tersebut di daerah tertentu. Pada pukul 14:20 waktu setempat, balon itu ditemukan pada ketinggian 14.500 meter di sebelah utara provinsi Graz di Austria timur.

Namun, jet tempur tersebut tak melepaskan tembakan sebab pecahan balon atau pecahan bom bisa membahayakan orang yang tinggal di daerah itu. Pada pukul 15:30 waktu setempat, balon tersebut memasuki daerah pegunungan dan meninggalkan Austria.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement