Kamis 19 May 2011 14:49 WIB

Perempuan Brasil Jadi Manusia Tertua di Dunia

Maria Gomes Valentim
Foto: AFP
Maria Gomes Valentim

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO - Perempuan Brazil telah mencatatkan diri sebagai manusia tertua di dunia. Hal tersebut sekaligus menggeser posisi warga Amerika Serikat (AS) dari deretan orang tertua di dunia.

Demikian disampaikan Guinness Book of Record, Rabu (18/5). Perempuan itu bernama Maria Gomes Valentim. Ia saat ini berumur 114 tahun. Ia telah disertifikasi menjadi manusia tertua di dunia.

Posisinya itu menggeser Besse Coper yang sebelumnya dinobatkan sebagai orang tertua di dunia. Besse Coper lebih muda 48 hari dari Maria Gomes Valentim.

Valentim, yang telah menjanda sejak 1946 dan duduk di kursi roda itu, berasal dari salah satu negara bagian di Brasil, yakni Minas Gerais. Ia begitu memperhatikan pola makan dan kerap melakukan diet sehingga dapat memperpanjang umurnya.

Sementara perempuan Brasil lainnya, Sebatiana de Louurdes Silva, berada pasa usia matang yakni 116 tahun. Beberapa catatan menunjukkan bahwa ia merupakan perempuan tertua di dunia. Kendati demikian Guinness Book tidak memiliki permintaan untuk memverifikasi dokumen tersebut.

sumber : AFP/channelnewsasia.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement