Senin 30 May 2011 23:23 WIB

Wapresdir Xian Aircraft Bantah Kualitas Pesawatnya Jelek

Xian MA-60 yang digunakan Merpati Nusantara Airlines
Foto: Airliner
Xian MA-60 yang digunakan Merpati Nusantara Airlines

REPUBLIKA.CO.ID, XIAN-- Wakil Presiden Xian Aircraft International Corporation (XAIC), Gang Shaohua, mengatakan, standar pesawat MA 60 yang dijual kepada PT Merpati Nusantara Airline telah setara standar sertifikasi Federasi Administrasi Penerbangan (FAA) yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat.

Wartawan yang mengikuti liputan kunjungan ke pabrik XAIC yang berada di kota Xian, China, Senin, ditunjukkan sejumlah bagian mengenai proses produksi dalam XAIC yang telah bekerja sama dengan dua perusahaan produsen pesawat besar di dunia, Boeing dan Airbus.

"MA 60 diproduksi dan dibuat dengan kualitas yang setara dengan standar yang terdapat dalam sertifikasi Federasi Administrasi Penerbangan (Federal Aviation Administration/FAA) yang dikeluarkan pihak pemerintah Amerika Serikat)," kata Gang.

Ia juga mengemukakan, MA 60 yang beroperasi di Indonesia juga telah memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh pihak otoritas Indonesia. Ia menyebutkan, sertifikasi FAA akan diambil oleh perusahaan untuk pesawat model baru MA-700 yang sedang mereka kembangkan.

Hal itu karena pihak XAIC akan mencoba menawarkan pesawat pengembangan terbaru dari pabrik tersebut kepada sejumlah pasar termasuk Amerika Serikat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement