Kamis 02 Jun 2011 07:00 WIB

Kelompok Ekstrimis Yahudi Serbu Halaman Masjidil Aqsha!

Ekstrimis Yahudi
Foto: infopalestina
Ekstrimis Yahudi

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM--Sekelompok ekstrimis yahudi menyerbu halaman Masjidil Aqsha, Rabu (1/6) dikawal pasukan kepolisian Israel, untuk memperingati 44 tahun penjajahan kota Yerusalem, sementara warga Palestina yang sedang i’tikaf di masjid berupaya menghadang mereka.

Sekuriti Masjidil Aqsha menyatakan, terjadi konfrontasi antara kaum muslimin yang berada di dalam masjid sejak shalat subuh dengan ekstrimis yahudi dan aparat kepolisian Israel.

Kepolisian Israel menambah jumlah aparat mereka di kawasan ini. Sekuriti Masjidil Aqsha mengkhawatirkan kemungkinan serbuan oleh pasukan Israel terhadap masjid dan mengusir kaum muslimin yang berada di dalamnya.

Sekelompok ekstrimis yahudi melalui sejumlah asosiasi mereka menyatakan rencana penyerbuan Masjidil Aqsha untuk menegaskan penguasaan Israel atas masjid, hal ini bertepatan dengan peringatan penjajahan bagian Timur kota Yerusalem menurut kalender Israel.

Otoritas Israel mengubah kota Yerusalem pada Rabu ini mirip seperti barak militer. Pasukan Israel sejak dini hari memasang barikade di sejumlah jalan utama menuju kota tua Yerusalem dan sekitarnya, mengintensifkan patroli kepolisian di kawasan tersebut, dan di sejumlah tempat yang menuju area tembok Buraq dan Masjidil Aqsha.

Pasukan Israel menambah personil dan patrolinya di komplek Syeikh Jarrah di pusat kota Al-Quds, terutama dekat rumah-rumah warga Palestina yang dikuasai sekelompok yahudi ekstrim dengan dukungan pasukan Israel dan mengubahnya menjadi pos permukiman yahudi.

Di samping itu, ratusan ekstrimis yahudi melakukan aksi provokatif pada Rabu ini dimulai dari komplek Syeikh Jarrah. Kelompok yahudi tersebut menjelaskan, para pesertia aksi akan mengusung bendera Israel dan melakukan aksi dansa di gerbang kota tua Yerusalem dan di area gerbang Masjidil Aqsha. 

sumber : info palestina
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement