Jumat 10 Jun 2011 06:29 WIB

Kehadiran Kapal Selam Iran di Laut Merah Hebohkan Arab

Kapal selam Iran tipe kilo
Foto: irib
Kapal selam Iran tipe kilo

REPUBLIKA.CO.ID,Media massa Arab mereaksi kehadiran kapal-kapal selam Republik Islam Iran di Laut Merah dan menilainya sebagai bukti kemajuan bangsa Iran dan kemampuan Teheran mencapai swasembada dalam memproduksi berbagai jenis senjata dan armada maritim.

Setelah para pejabat tinggi Iran mengumumkan kesiapan armada kapal selam Iran dalam menjalankan misi jangka panjang di perairan internasional, sejumlah kapal selam Iran yang diiringi kapal-kapal tempur memulai misinya di perairan internasional dalam upaya mewujudkan keamanan dan perdamaian.

Seorang pejabat militer Iran kepada Fars mengatakan, "Armada tersebut telah dikirim April lalu ke Teluk Aden dan melanjutkan misi mereka hingga ke Laut Merah." Setelah pemberitaan tersebut, media massa Arab segera bereaksi terhadap pengiriman kapal-kapal selam dan tempur Iran ke Laut Merah.

Koran trans-regional, al-Quds al-Arabi menyebutkan, "Tidak diragukan lagi bahwa kehadiran Iran di Laut Merah telah meningkatkan kekhawatiran Amerika Serikat di kawasan, karena Washington menilai kehadiran Iran itu sebagai ancaman bagi kelanjutan eksistensi strategis Amerika di Teluk Persia."

Kebijakan Republik Islam Iran dinilai koran tersebut sebagai bukti bahwa Teheran telah mencapai tingkat swasembada dalam memproduksi berbagai jenis senjata.

Adapun koran al-Hayat, menyinggung kehadiran armada angkatan laut Iran di Laut Merah dan merujuk pada pernyataan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, bahwa Iran tidak akan gentar menghadapi ancaman Barat, dan terus akan melanjutkan program nuklirnya.

Koran al-Sharq terbitan Qatar dalam hal ini menekankan bahwa seluruh upaya Amerika Serikat untuk menjegal Iran dalam program nuklirnya, telah gagal dan Washington tampaknya harus merumuskan cara baru untuk menghadapi kekuatan Iran.

Koran al-Wasat terbitan Bahrain turut mereaksi pengiriman kapal selam dan kapal tempur Iran ke Laut Merah dan menilainya sebagai bukti kekuatan Republik Islam Iran.

Arab Times melaporkan analisa yang berbeda tentang hal ini. Menurut koran tersebut, pengiriman armada laut oleh Iran itu menunjukkan melemahnya kekuatan Arab Saudi di kawasan.

"Pengiriman armada kapal selam Iran ke Laut Merah, beberapa hari setelah pidato Ayatullah Khamenei pada peringatan ke-22 wafatnya Imam Khomeini, pendiri Republik Islam Iran, menunjukkan betapa Iran telah meraih berbagai perkembangan pesat di kawasan," ungkap Arab Times.

 

sumber : IRIB/MZ/Fars
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement