Ahad 12 Jun 2011 18:30 WIB

Kapal Perang AS di Laut Hitam Bikin Berang Rusia

Pelaut AS
Pelaut AS

REPUBLIKA.CO.ID, Rusia memprotes kehadiran sebuah kapal perang Angkatan Laut AS di Laut Hitam, yang sedang mempersiapkan latihan angkatan laut bersama dengan Ukraina. Pada Ahad (12/6), Moskow mengecam pengerahan kapal penjelajah AS, yang dilengkapi dengan sistem rudal balistik di Laut Hitam. Ditambahkannya, kehadiran kapal itu merupakan ancaman terhadap keamanan nasional Rusia, AFP melaporkan.

"Kami memiliki sejumlah pertanyaan tentang kedatangan kapal penjelajah Angkatan Laut AS di Laut Hitam untuk berpartisipasi dalam latihan perang Ukraina-AS 2011," kata sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.

Rusia mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengabaikan kehadiran unsur-unsur infrastruktur strategis Amerika di dekat perbatasannya. Kami akan segera mengambil langkah-langkah untuk mencegah ancaman terhadap keamanan Rusia.

Moskow telah gagal mencapai kesepakatan dengan Barat terkait sebuah proyek sistem rudal di Eropa. Kremlin mengatakan, Washington tidak memberikan jaminan bahwa sistem rudal tersebut tidak ditujukan untuk Rusia.

Amerika menolak seruan Rusia untuk mengontrol bersama-sama sistem rudal tersebut. AS dan Rumania mencapai kesepakatan pada bulan Mei untuk menyebarkan bagian dari sistem rudal di Eropa.

sumber : IRIB/RM/SL
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement