Senin 13 Jun 2011 07:59 WIB

Aksi Mogok Makan Tak Mempan di Iran, Pelakunya Malah Tewas

Hoda Saber
Foto: BBC
Hoda Saber

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Di penjara Iran, aktivis Hoda Saber meregang nyawa. Ia sebelumnya melakukan aksi mogok makan. Namun, sumber resmi menyebut, ia meninggal karena serangan jantung.

Saber, berusia 50-an tahun, mulai mogok makan pada tanggal 2 Juni untuk memprotes kematian tokoh oposisi sesama aktivis, Haleh Sahabi. Sahabi diketahui tewas dalam sebuah insiden di pemakaman ayahnya.

Saber dipenjara setelah Pemilu 2009, saat kerusuhan usai Presiden Mahmoud Ahmadinejad terpilih kembali. Sebelumnya ia telah keluar masuk penjara sejak tahun 2000.

Pihak oposisi dalam situs Kaleme.com berkata, "Pasukan keamanan pada Jumat memindahkan dia dari penjara Evin Modarres ke rumah sakit akibat komplikasi jantung yang disebabkan oleh mogok makan itu. Tapi akibat komplikasi jantung ... terlalu parah."

Haleh Sahabi, 55, meninggal dunia pada tanggal 1 Juni selama konfrontasi dengan pasukan keamanan di pemakaman ayahnya, Ezatollah Sahabi.

Saber telah diizinkan keluar dari penjara untuk menghadiri upacara pemakaman. Ada laporan bahwa dia dipukul oleh pasukan keamanan dan meninggal karena serangan jantung.

Para pejabat Iran membantah bentrokan  telah terjadi di pemakaman itu. Ezatollah Sahabi, ayah Haleh Sahabi, pembangkang terkemuka, meninggal karena stroke pada tanggal 30 Mei pada usia 81.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement