Kamis 16 Jun 2011 12:30 WIB

USGS: Gempa 6,6 pada Skala Ritchter Guncang Papua Nugini

Papua Nugini
Foto: .
Papua Nugini

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -  Gempa bumi dengan kekuatan 6,6 pada skala Richter mengguncang pantai New Britain, Papua Nugini, Kamis, demikian keterangan USGS, tapi tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

US Geological Survey melaporkan kedalaman gempa itu cuma 21 kilometer, meskipun Geoscience Australia menyatakan gempa tersebut berada pada kedalaman 37 kilometer.

Pusat gempa itu berada 175 kilometer di sebelah timur Kandrian di New Britain dan 577 kilometer di sebelah timur-laut ibu kota Papua Nugini, Port Moresby.

"Itu sangat dangkal," kata seorang pejabat di Geoscience Australia. "Itu tampaknya tidak menimbulkan kerusakan apa pun."

Papua Nugini, yang menghadapi kemiskinan kendati kaya akan kandungan mineral, berada di wilayah yang disebut "Pascific Ring of Fire", pusat kegiatan seismik yang disebabkan oleh gesekan antara lempengan tektonik.

Tsunami sangat besar pada 1997, yang disebabkan oleh gempa bawah laut atau tanah longsor, menewaskan lebih dari 3.500 orang di dekat Aitapi, di pantai barat-laut negeri itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement