Senin 20 Jun 2011 13:22 WIB

Nabrak Ikan Paus, Dua Awak Kapal Terluka

Ikan paus humpback
Foto: humpback
Ikan paus humpback

REPUBLIKA.CO.ID,BRISBANE - Sebanyak dua orang cedera dan kapal mereka rusak berat setelah bertabrakan dengan ikan paus humpback di lepas pantai Brisbane. Demikian kata beberapa petugas pertolongan laut pada Senin (20/6).

Peristiwa tersebut terjadi ketika kapal pertolongan laut sepanjang 10 meter dikerahkan untuk membantu satu kapal lain pada Ahad malam (19/6). Kapal tersebut menabrak ikan paus itu di sebelah utara North Stradbroke Island.

"Kapal itu berhadapan dengan ikan paus. Saat kapal tersebut meluncur, satu ikan paus muncul dari dalam air," kata Wakil Kepala Regu Pertolongan Laut Queensland, Tany Hawkins, kepada wartawan sebagaimana dilaporkan AFP. "Itu kerusakan yang paling parah yang pernah kami saksikan dalam 30 tahun dan kerugian itu bernilai 70.000 dolar Australia sampai 100.000 dolar Australia.''

"Untungnya tak seorang pun terlempar keluar kapal atau menderita luka parah. Keselamatan dan kekuatan kapal itu tak perlu dipertanyakan setelah selamat dari peristiwa tersebut," katanya.

 

Kapal tersebut mengalami kerusakan berat di bagian lambungnya dan melakukan perjalanan dengan mengandalkan bagian belakangnya guna mencegahnya kemasukan air dan tenggelam. Tulang pundak seorang anggota awak terlepas. Sementara, seorang lagi menderita luka di wajah.

Belum diketahui seberapa parah luka yang diderita ikan paus tersebut. Ikan paus humpback dan southern right melakukan perjalanan di sepanjang pantai timur Australia setiap tahun. Hewan mamalia laut itu melewati Stradbroke Island saat mereka mengarungi samudra menuju ke utara dari Kutub Selatan ke daerah sub-tropis, yang bertemperatur sedang, di sebelah utara Queensland, selama Juni dan Juli.

sumber : Antara/AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement