Sabtu 25 Jun 2011 20:40 WIB

Uuppss...Irak Bayar Kompensasi 400 Juta kepada Amerika

REPUBLIKA.CO.ID,Wakil Presiden Amerika Serikat, Joseph Biden dalam pertemuannya dengan Ketua Parlemen Irak, Osama al-Najifi, mengucapkan terima kasih atas penetapan paket kompensasi sebesar 400 juta dolar dari pemerintah Irak kepada pemerintah Amerika untuk mengganti rugi terhadap warga Amerika yang menjadi korban dalam serangan Irak ke Kuwait pada tahun 1990.

Demikian dilaporkan Fars (25/6). Serangan itu terjadi di era rezim Saddam. Biden mengapresiasi langkah al-Najifi yang telah mengupayakan perilisan keputusan pembayaran dana kompensasi itu di parlemen Irak.

Para anggota parlemen Irak pada tanggal 30 April lalu, menetapkan bahwa pemerintah Irak akan mengucurkan dana 400 juta dolar itu kepada pemerintah Amerika sebagai kompensasi terhadap korban perilaku brutal pasukan Saddam dalam Perang Teluk pada 1990-1991.

Gedung Putih dalam statemennya menyebutkan, dalam pertemuan tersebut Biden selain berterima kasih kepada al-Najifi, juga menekankan dukungan Amerika Serikat terhadap proses demokrasi di Irak.

Di bagian lain pertemuan, Biden dan al-Najifi juga membahas kelanjutan kerjasama kedua negara khususnya terkait perjanjian keamanan Baghdad-Washington atau yang dikenal SOFA. Berdasarkan perjanjian keamanan Washington-Baghdad (SOFA), Amerika Serikat diharuskan menarik pasukannya pada tanggal 31 Desember tahun ini.

Washington juga mencoba membujuk pemerintah Irak untuk menyetujui berlanjutnya kehadiran tentara AS dan pangkalan-pangkalannya di negeri pendudukan itu. Meski demikian, hingga kini para pejabat tinggi Irak menentang perpanjangan kehadiran militer AS, namun keputusan terakhir berada di tangan parlemen.

 

 

sumber : IRIB/MZ/MF/Fars
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement