Senin 27 Jun 2011 19:30 WIB

Yunani Lepas Konvoi Gaza, Israel Pasang Kuda-kuda

Armada kapal The Audacity of Hope, siap-siap berangkat ke Jalur Gaza.
Foto: thoughtsfromaconservativemom.com
Armada kapal The Audacity of Hope, siap-siap berangkat ke Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, Ratusan aktivis di pelabuhan Yunani tengah mempersiapkan diri untuk berlayar ke Jalur Gaza, membawa bantuan kemanusiaan ke kawasan yang diblokade rezim Zionis Israel itu. Sekitar 350 aktivis pro-Palestina dari 22 negara akan bergabung dengan Armada Kebebasan II, dan berusaha untuk mematahkan serangan Angkatan Laut Israel, AFP melaporkan Ahad (26/6).

Vaggelis Pissias, koordinator misi pelayaran ke Gaza mengatakan, kapal akan berangkat dari berbagai pelabuhan di Yunani atau bertemu di lepas pantai. "Yunani digunakan sebagai titik keberangkatan karena posisi geografis dan sejarah hubungan budaya dengan negara-negara Arab," kata Pissias.

Dalam perkembangan terakhir, Angkatan Laut Israel mengumumkan bahwa mereka akan menghadapi konvoi Armada Kebebasan II, yang dijadwalkan untuk berlayar menuju Gaza pada Selasa. Konvoi akan terdiri dari 15 kapal, 22 organisasi internasional dan sekitar 1.500 aktivis.

Dua kapal kargo akan membawa obat-obatan, mobil ambulans lengkap dan semen ke Jalur Gaza. "Apa yang terjadi tahun lalu menyebabkan kita prihatin, tapi kami bertekad untuk pergi ke Gaza," kata Pissias menegaskan.

 

Sementara itu, Ankara mengatakan kapal Mavi Marmara telah ditarik tahun ini. Tidak akan ada kapal Turki yang terlibat dalam konvoi dari beberapa negara, termasuk Yunani, Perancis, Italia dan Spanyol.

Israel memberlakukan pengepungan ekonomi di Gaza pada Juni 2007 setelah pemerintahan Hamas yang terpilih secara demokratis, mengambil alih kawasan itu. Sekitar 1,5 juta orang di Gaza ditolak hak-hak dasar mereka, termasuk kebebasan bergerak dan hak untuk kondisi hidup yang layak, pekerjaan, kesehatan dan pendidikan.

sumber : IRIB/RM/NA

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement