Rabu 29 Jun 2011 12:40 WIB

Menkeu Prancis Jadi Wanita Pertama Pimpin IMF

Rep: Zaky Al Hamzah/ Red: Siwi Tri Puji B
Christine Lagarde
Foto: ap
Christine Lagarde

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde, resmi terpilih sebagai wanita pertama yang menjadi kepala Dana Moneter Internasional (IMF). Wanita berusia 55 tahun terpilih tak lama setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia memberikan dukungan. Ia mengalahkan kandidat Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens.

Selain AS dan Eropa, dukungan dari Cina, India dan Brazil memberi kemudahan bagi Lagarde. Pernyataan tertulis dari IMF menyebutkan, Lagarde merupakan wanita pertama yang menduduki posisi tertinggi di IMF, sejak institusi ini berdiri tahun 1944. Pemilihan kedua calon, Lagarde dan  Carstens, ‘sangat memenuhi kualifikasi’.

Lagarde akan menjabat sebagai kepala IMF dan ketua dewan eksekutif untuk masa jabatan lima tahun mulai 5 Juli. Lagarde mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Dominique Strauss-Kahn, karena mengundurkan diri setelah tertimpa kasus skandal seksual.

‘’Hasilnya sudah masuk: saya merasa terhormat dan gembira bahwa dewan memberi kepercayaan kepada saya untuk posisi direktur pelaksana IMF!’’ Demikian tulis Lagarde di akun Twitter miliknya beberapa menit setelah pengumuman.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement