Ahad 03 Jul 2011 11:06 WIB

Harta Karun Miliaran Dolar Ditemukan di Sebuah Kuil India

Red: cr01
Kuil Stee Padmanabhaswamy di India selatan.
Foto: thegatewaypundit.com
Kuil Stee Padmanabhaswamy di India selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - Harta karun yang terdiri atas perhiasan emas dan perak, koin dan batu mulia yang disebut-sebut bernilai miliaran dolar AS ditemukan di sebuah kuil Hindu di India selatan, Sabtu (2/7).

"Barang berharga itu menurut perkiraan awal bernilai lebih dari 500 miliar rupee India (11,2 miliar dolar AS) sehingga menjadikan kuil tersebut termasuk dalam liga kuil paling kaya di India," kata Kepala Menteri Kerala K. Jayakumar, Ahad (3/7).

Ribuan kalung, koin dan batu berharga tersebut tersimpan di lima makam bawah tanah di Kuil Stee Padmanabhaswamy, yang terkenal karena patungnya yang unik. "Kami akan membuka salah satu kamar rahasia lain yang belum dibuka selama hampir 140 tahun," tambah Jayakumar.

Menurut Jayakumar, nilai sesungguhnya harta karun tersebut hanya dapat dipastikan setelah semuanya diperiksa oleh departemen arkeologi. Kuil yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu dalam agama Hindu ini dibangun ratusan tahun lalu oleh Raja Travancore. Dan sejak itu para pengikutnya menyimpan barang berharga di beberapa ruang di kuil tersebut.

Sebuah kalung sepanjang enam meter ditemukan, Kamis (30/6) lalu, beserta ribuan koin emas. Sejak India memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1947, sebuah yayasan yang dikelola oleh keturunan keluarga Raja Travancore telah menguasai kuil tersebut.

Tapi Mahkamah Agung India baru-baru ini mengeluarkan perintah agar kuil itu dikelola oleh negara guna menjamin keamanan semua barang berharga di tempat suci tersebut.

Pengungkapan mengenai kekayaan luar biasa di kuil Padmanabhaswamy membuat polisi memasang alarm dan kamera keamanan dengan kemampuan canggih. "Pemerintah juga berencana menempatkan pasukan keamanan di sekitar lokasi," kata Direktur Jenderal Kepolisian Kerala, Jacob Punnose.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement