Kamis 07 Jul 2011 19:58 WIB

Liput Aksi Bantuan ke Gaza, Wartawan Belanda Dilarang ke Israel

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM - Dua wartawan Belanda yang akan meliput aksi unjuk rasa di bandara Tel Aviv dan Ramalah, tidak mendapat izin ke Israel. Demikian Bud Wichers jurukamera kantor berita Belanda ANP, Rabu (6/7).

Petugas keamanan Israel di bandara Schiphol Amsterdam melarang Bud Wischers dan juru foto Ettora Hesseling naik pesawat dengan tujuan penerbangan Israel. Kedua wartawan Belanda itu masuk daftar hitam petugas keamanan Israel karena mereka ikut mempersiapkan misi armada internasional yang berlayar dari Yunani dengan tujuan Jalur Gaza.

Kedua wartawan Belanda itu mengancam keselamatan penerbangan, demikian petugas keamanan Israel di bandara Schiphol. Wichers sedianya akan meliput perjalanan armada internasional yang membawa bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Rencana tersebut dibatalkan karena kecurigaan yang timbul antara para wartawan dan organisasi pemberian bantuan tersebut. Minggu lalu perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan, tidak akan melarang wartawan asing yang akan meliput aksi bantuan itu ke Jalur Gaza.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement