Selasa 12 Jul 2011 21:21 WIB

Usai Dioperasi Pangeran Saudi Koma di Rumah Sakit New York

Sultan bin Abdulazis
Foto: irib
Sultan bin Abdulazis

REPUBLIKA.CO.ID,Pangeran Saudi, Sultan bin Abdul Aziz, calon pengganti Raja Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz, koma setelah menjalani operasi di sebuah rumah sakit di New York. IRNA (12/7) melaporkan, sebuah sumber yang menolak menyebutkan nama mengatakan, "Pangeran Saudi itu koma pada hari Rabu lalu (6/7), beberapa jam setelah menjalani operasi penyakit kanker yang tidak dijelaskan jenisnya. Sampai saat ini dia masih tidak sadar dan tidak ada tanda-tanda perkembangan atau indikasi bahwa ia akan pulih kembali."

 

Sumber tersebut tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kondisi pangeran Saudi itu dan menolak namanya dipublikasikan. Pangeran Sultan yang telah menginjak usia 80-an itu, sebelumnya menjabat sebagai menteri pertahanan Saudi selama 50 tahun lalu. Kini ia menghadapi penyakit kanker selama beberapa tahun dan pada tahun 2009, ia menghabiskan seluruh waktunya di berbagai rumah sakit Amerika.

Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz juga menjalani perawatan medis di Amerika Serikat pada November 2010. Di lain pihak, Pangeran Nayef yang berada di urutan kedua calon pengganti Raja Abdullah, juga mengalami gangguan kesehatan. Dia telah dirawat secara intensif dalam 20 bulan terakhir. Pangeran Nayef berusia 78 tahun dan dalam 35 tahun lalu, ia menjabat sebagai menteri dalam negeri.

Masalah siapa yang akan menjadi pengganti Raja Abdullah, kini menjadi isu sensitif di Arab Saudi. Banyak pemerhati yang menyatakan bahwa perebutan kekuasaan di dalam keluarga al-Saud akan semakin meruncing menyusul semua calon pengganti raja, sudah berusia tua dan sakit-sakitan. 

 

 

sumber : IRIB/MZ/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement