Senin 18 Jul 2011 19:00 WIB

RS di Australia Salah Berikan Bayi ke Ibunya

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE - Dua ibu di Australia diberikan bayi yang salah dalam kekeliruan yang membuat kedua bayi itu diberi air susu ibu dan dirawat oleh perempuan yang salah selama delapan jam, kata rumah sakit Senin (18/7). St John of God Hospital di Geelong, Melbourne barat, menyatakan kejadian itu adalah kesalahan manusia, yang akhirnya diketahui oleh seorang anggota keluarga.

"Protokol kami berlaku guna memastikan ibu diberi bayi mereka sendiri, tapi tampaknya dalam peristiwa ini, kesalahan manusia terjadi," kata rumah sakit di dalam satu pernyataan yang dikutip AFP. "Sayangnya, tampaknya gelang pengenal bayi tidak diperiksa dan disamakan dengan gelang pengenal ibu mereka," katanya.

Rumah sakit tersebut sedang menyelidiki kekeliruan itu -- yang membuat masing-masing bayi tersebut menghabiskan waktu delapan-setengah jam bersama ibu yang keliru setelah mereka dibawa dari ruang khusus bayi tempat mereka melewati malam hari. Kedua ibu dan bayi mereka kini diperiksa untuk mengetahui apakah terjadi infeksi yang mungkin mereka tularkan sebagai akibat dari kekeliruan yang terjadi pada Jumat (15/7).

Kepala Pelaksana Rumah Sakit Stephen Roberts mengatakan itu adalah "tragedi yang mengerikan". "Proses dan protokol kami dilanggar dan kami meminta ma'af sekali dan sangat menyesalkan keprihatinan dan kepedihan yang telah kami sebabkan terhadap keluarga ini," ia mengatakan kepada stasiun radio 3AW.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement