Jumat 29 Jul 2011 07:36 WIB

Krisis Utang AS akan Berdampak Global

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Senator John Kerry menyatakan kekhawatirannya pada Kamis atas dampak global "serius" dari krisis utang AS dan menyalahkan Partai Republik karena gagal untuk mencapai kompromi dengan Demokrat pada sebuah kesepakatan.

"Saya tidak bisa cukup menekankan betapa seriusnya hal ini pada basis global," Kerry, seorang Demokrat yang memimpin Komite Hubungan Luar Negeri Senat, kepada wartawan. "Saya mendengar orang di seluruh dunia yang gelisah tentang apa yang Amerika Serikat lakukan, apa dampaknya."

Kerry mengatakan ia bertemu pekan ini dengan Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos, yang khawatir bahwa kegagalan untuk mencapai rencana mencegah bencana default (gagal bayar) utang AS dapat mempengaruhi pemulihan ekonomi negaranya sendiri.

Para senator AS menambahkan: "Spanyol dan Italia sama-sama sangat rapuh sekarang dan mereka semua melihat kita sekarang." Kerry menyalahkan Partai Republik karena kebuntuan politik, mengatakan: "Kami tidak berurusan dengan orang yang wajar."

Ia menyebut sebuah harapan pemungutan suara di DPR tentang rencana dua tahap oleh Ketua DPR Republik John Boehner untuk meningkatkan batas utang 14,3 triliun dolar AS adalah "sebuah latihan tidak berguna".

Mayoritas di Senat yang dikendalikan Demokrat telah berjanji untuk menolak rencana Boehner dengan hanya lima hari sebelum batas waktu 2 Agustus, ketika Departemen Keuangan AS mengatakan akan tidak dapat lagi meminjam dana untuk membayar tagihannya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement