Jumat 29 Jul 2011 08:05 WIB

Walikota Meksiko Tewas Ditangan Penculik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wali kota satu kota di Meksiko utara, negara bagian Zacatecas, ditemukan tewas bersama seorang lagi Kamis sehari setelah mereka diculik, sehingga total menjadi empat wali kota yang di bunuh di Meksiko tahun ini.

Mayat sarat peluru Fortino Cortes, wali kota Florencia de Benito Juarez, kota berpenduduk 4.000 orang, dan seorang pria lain ditemukan di negara bagian tetangga Jalisco dengan tangan mereka diikat, kata Jaksa Arturo Zacatecas Nahle.

Pria bersenjata menculik Cortes Rabu sore dari perhimpunan pertanian Zacatecas, bersama bendahara organisasi, kata jaksa itu. Tubuh mereka ditemukan bersama dengan sebuah pesan yang tampaknya berkaitan dengan konflik kejahatan antara geng narkoba Teluk dan mantan sekutu Zetas.

Saudara wali kota, yang adalah ketua asosiasi pertanian lokal tersebut, juga tewas pada Mei, dalam sebuah baku tembak antara penjahat-enjahat yang dicurigai, kata jaksa.

Empat belas wali kota Meksiko tewas pada 2010, sementara empat telah dibunuh hingga sejauh tahun ini, dan dua mantan wali kota telah diserang.

Pihak berwenang yakin wali kota-wali kota itu diduga ditargetkan karena menolak untuk bekerja sama dengan kelompok penjahat itu.

Lebih dari 41.000 orang tewas dalam kekerasan terkait dengan geng kejahatan terorganisir di Meksiko sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan tindakan keras militer terhadap mereka pada Desember 2006, kata laporan-laporan media.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement