Selasa 02 Aug 2011 16:03 WIB

Putin Sebut AS Sebagai 'Parasit' Ekonomi Global

Vladimir Putin
Foto: Reuters
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, LAKE SELIGER - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menuduh Amerika Serikat  "seperti parasit" bagi ekonomi global dan mengatakan dominasi dolar adalah ancaman bagi pasar keuangan.

"Mereka hidup di luar kemampuan mereka dan menggeser beban berat masalah mereka ke ekonomi dunia," kata Putin pada kelompok pemuda  pro-Kremlin  di tepi danau perkemahan musim panas sekitarlima jam perjalanan di utara Moskow.

"Mereka hidup seperti parasit bagi ekonomi global dan memmonopoli dengan dolar mereka," kata Putin pada pertemuan terbuka, yang dinilai wartawan tampak seperti kampanye dini sebelum pemilu parlemen dan presiden.

Presiden AS Barack Obama sebelumnya mengumumkan kesepakatan terakhir untuk memotong sekitar  2,4 triliun dolar AS dari defisit AS lebih dari satu dekade, menghindari default utang yang menghancurkan dan mencegah risiko  rating kredit AAA-nya bakal diturunkan.

Namun Putin, yang sering mengkritik kebijakan devisa Amerika Serikat, mencatat bahwa Rusia memegang sejumlah besar obligasi AS dan tunai mereka. "Jika di sana (di Amerika) ada kerusakan sistemik, ini akan mempengaruhi semua orang," kata Putin.

"Negara-negara seperti Rusia dan Cina memainkan peran signifikan...harus ada cadangan mata uang lainnya," katanya.

Hubungan AS-Rusia memburuk selama 2000-2008, namun menghangat secara signifikan sejak Presiden Dmitry Medvedev, menanggapi keinginan Obama menyatakan untuk memperbaiki hubungan bilateral mereka.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement