Senin 15 Aug 2011 07:28 WIB

Perdana Menteri Nepal Mengundurkan Diri

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Perdana Menteri Nepal Jhala Nath Khanal, Ahad malam (14/8), menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Ram Baran Yadav setelah enam bulan dan 11 hari ia terpilih sebagai Perdana Menteri.

Sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang dasar, presiden Nepal meminta dia untuk memangku jabatan kepala pemerintah sementara sampai Dewan Legislatif-Parlemen memilih pemerintah baru, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

Ketua Partai Komunis Nepal-Persatuan Marxis Leninis, yang dipilih sebagai Perdana Menteri pada 3 Februari, setelah kebuntuan tujuh bulan akibat beberapa babak pemungutan suara yang sia-sia, meletakkan jabatan setelah gagal membuat kemajuan besar dalam proses perdamaian.

Ia menghadapi tekanan di dalam partainya dan kelompok oposisi utama, Kongres Nepal, agar meletakkan jabatan sesuai dengan kesepakatan lima-pasal yang dicapai pada akhir Mei. Pada saat yang sama ia diminta memperpanjang masa jabatan Majelis Konstituen sehingga melicinkan jalan bagi pembentukan pemerintah konsensus nasional yang diincar partai itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement