Jumat 19 Aug 2011 14:07 WIB

Somalia Menunggu Bantuan Umat Islam

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
Anak-anak antri makanan di Somalia
Foto: Farm Industry
Anak-anak antri makanan di Somalia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Perwakilan Dubes Somalia untuk Indonesia, Ibrahim Adam, mengatakan masyarakat Somalia tengah menanti bantuan umat Islam, utamanya umat Islam Indonesia. Sebab, umat Islam Indonesia terkenal berjiwa sosial tinggi dan aktif memberikan bantuan kepada saudara-saudaranya.

"Masyarakat kami tahu Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Saya kira apabila Indonesia saja yang membantu, Insya Allah masyarakat kami begitu tertolong," kata Ibrahim kepada Republika.co.id saat menghadiri deklarasi Komite Indonesia untuk Solidaritas Somalia (KISS) di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Jum'at (19/8).

Ibrahim mengatakan apabila umat Islam Indonesia menyumbang 1 dollar per orang lalu terkumpul lima juta dollar. Dari jumlah yang terkumpul dapat dialokasikan untuk makanan, obat-obatan dan perbaikan sanitasi dalam pengungsian. "Masyarakat kami begitu sulit menjangkau makanan dan obat-obatan. Berada di pengungsian tidak menjamin mereka mendapatkan bantuan," kata Ibrahim.

Ia teringat dengan satu kisah mengenaskan. Saat itu, ada seorang ibu bersama dua anak kembarnya tengah mencari pengungsian. Ia menempuh ratusan kilometer.

Saat tiba di pengungsian, ia ditemukan tewas dengan posisi anak-anaknya tengah menyusui. "Maka dari itu, saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang akan datang membantu kami," pungkas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement