Ahad 21 Aug 2011 19:00 WIB

Pemimpin Korut Kunjungi PLTA di Rusia

Kim Jong Il
Kim Jong Il

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW-- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il, Ahad, mengunjungi satu Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) di timur jauh Rusia. Jong-Il ke Rusia dalam lawatan seminggu yang termasuk melakukan pertemuan dengan Presiden Dmitry Medvedev.

Setelah melintasi perbatasan Timur Jauh Rusia sehari sebelumnya, Kim, Minggu mengunjungi PLTA Bureiskaya di daerah Amur, kata seorang pejabat pemerintah wilayah itu.

"PLTA Buresikaya memiliki banyak kebanggaan," kata pejabat itu dan menambahkan utusan regional Kremlin Viktor Ishayev dan satu rombongan pejabat lokal mendampingi pemimpin beruia 69 tahun mengunjungi PLTA itu.

Kunjungan Kim itu diselimuti rahasia dan pejabat wilayah berbicara dengan AFP tanpa bersedia disebut namanya. Kim, Sabtu mengeluarkan satu pernyataan yang mengonfirmasikan kedatangan Kim itu dan mengatakan satu pertemuan antara Kim dan Medvedev akan menjadi acara puncak kunjungan itu.

Pernyataan itu tidak memberi rincian lebih jauh tetapi serorang pejabat Rusia, yang tidak bersedia namanya disebutkan mengemukakan kepada AFP,pertemuan Kim dan Medvedev itu akan diselenggarakan di kota Ula Ude,Siberia dekat Lake Baikal di wilayah Buryatia sekitar 5.500km timur Moskow.

Kim terakhir mengujungi sekutu Perang Dingin itu tahun 2002 ketika ia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin (waktu itu) di Vladisvostok. Kunjungan itu adalah lawatan ketiga Kim ke Rusia dalam sepuluh tahun dan dilakukan saat 24 juta jiwa pendudk negaranya berjuang menghadapi kekurangan pangan dan pengucilan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement