Senin 22 Aug 2011 10:06 WIB

Presiden Sudan dan PM Ethiopia Berunding di Khartoum

Red: cr01
Omar al Bashir
Omar al Bashir

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTOUM - Presiden Sudan Omar Al-Bashir dan Perdana Menteri Ethiopia Meles Zenawi pada Ahad (21/8) mengadakan pembicaraan di Khartoum untuk meredakan ketegangan di Nil Biru dan provinsi Kordofan Selatan.

"Saya telah membahas dengan Perdana Menteri Ethiopia, Meles Zenawi, bagaimana untuk meredakan ketegangan di Nil Biru dan provinsi Kordofan Selatan," kata Al-Bashir pada konferensi pers bersama setelah pembicaraan dengan Zenawi.

Dia memuji peran Perdana Menteri Ethiopia dalam proses perdamaian di Sudan dan tegas membela Sudan di forum internasional.

Meles Zenawi pada bagiannya menyatakan keyakinan bahwa perdamaian menyeluruh akan tercapai di Sudan. "Meskipun kesulitan, cepat atau lambat, kita akhirnya akan memiliki perdamaian di Sudan," ujarnya.

Zenawi mengaku dirinya dan Presiden Al-Bashir telah membahas masalah-masalah perdamaian di Sudan, khususnya di Nil Biru dan isu-isu Kordofan Selatan. Mereka juga membahas apa yang perlu dilakukan untuk mendorong maju ke tahap final dan total, rekonsiliasi perdamaian dan kemajuan di seluruh Sudan.

Provinsi Kordofan Selatan telah dikoyak bentrokan bersenjata sejak Juni antara tentara Sudan dan pejuang keturunan Tentara Pembebasan Rakyat Sudan (SPLA). Zenawi tiba di Khartoum pada Ahad (21/8) dalam kunjungan resmi ke Sudan untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Sudan Omar Al-Bashir.

sumber : Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement