Rabu 31 Aug 2011 22:20 WIB

Beginilah Suasana Idul Fitri di Uni Emirat Arab

Red: cr01
Suasana Idul Fitri di Uni Emirat Arab.
Foto: Gulf News
Suasana Idul Fitri di Uni Emirat Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI – Warga Uni Emirat Arab (UAE), Selasa (30/8), berkumpul di sejumlah lapangan dan masjid-masjid untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1432 H. Shalat Ied di Dubai, Ibukota UAE dimulai pada pukul 06.16 waktu setempat.

Beberapa menit menjelang dimulainya shalat Ied, jalan-jalan yang mengarah ke lapangan maupun masjid-masjid penuh sesak oleh kerumunan umat Muslim. Lalu lintas di kawasan Sharjah Buhairah Corniche misalnya, macet total akibat kerumunan manusia yang akan menghadiri shalat Ied di Masjid At-Taqwa dan Masjid An-Nur.

"Shalat Idul Fitri sangat istimewa bagi saya. Dan saya tidak melewatkannya, karena ia menandai awal kemenangan dan puncak ruhaniah ibadah Ramadhan," kata Waddah Murad, seorang ekspatriat Suriah yang tinggal di Sharjah.

Gema takbir para jamaah terdengar dari semua masjid di seluruh Emirat secara bersamaan. Kaum pria mengenakan pakaian tradisional, dan saling menyapa saat mereka memasuki masjid untuk melakukan shalat.

"Sangat inspiratif menyaksikan dedikasi kaum Muslimin dalam melakukan shalat," kata Anthony, seorang insinyur Amerika di Abu Dhabi. "Entah bagaimana, saya merasakan bahwa orang yang keluar dari masjid lebih tenang dan lebih bahagia daripada ketika mereka masuk."

Abu Dhabi berkilauan dengan ribuan lampu berwarna biru dan putih berbentuk bintang dan bulan sabit yang menerangi jalan-jalan kota. Lampu dan lentera ini mewakili gambaran spiritual bulan suci Ramadhan, dan indahnya kemenangan Idul Fitri.

Taman-taman yang biasanya menjadi tempat pertemuan populer bagi keluarga untuk bersantai di luar ruangan, penuh sesak meskipun musim panas. "Ini adalah pemandangan yang indah secara visual dan ruhani, ketika tiap keluarga dapat menikmati kebersamaan," kata Jassim, seorang akuntan di UAE.

Anak-anak pun tampak bergembira dan bermain dengan riang di taman-taman kota. Bahkan mereka saling membual satu sama lain tentang jumlah 'angpau' lebaran yang mereka dapatkan. Tak pelak, para bocah ini juga menggunakan kemeriahan Idul Fitri untuk memamerkan baju baru mereka.

sumber : Gulf News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement